Doa Ketika Sakit

Hampir semua manusia pernah merasakan sakit. Sakit timbul karena berbagai sebab, termasuk kecerobohan dalam makan dan perilaku hidup tak sehat lainnya. Namun, dari sudut pandang lain, sakit merupakan ujian dalam perjalanan hidup manusia. Ujian sakit bila diterima dengan ikhlas dan sabar akan meningkatkan keimanan, lebih mendekatkan pada Sang Kuasa, dan menghapus kesalahan. Seperti sabda Nabi Saw, ” Tidak satu pun musibah yang menimpa seorang muslim, baik berupa kesusahan, penderitaan, kesedihan, keduakaan, maupun penyakit, bahkan karena sepotong duri yang menancap di tubuhnya, kecuali Allah menghapuskan sebagian kesalahannya” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Ketika diberi ujian sakit, yang harus dilakukan adalah ikhtiar mencari kesembuhan dengan berobat, dan memohon kesembuhan pada Dzat Maha Penyembuh. Sesugguhnya, Penyembuh hakiki adalah Allah SWT. Berdoa memberi kekuatan luar biasa yang menentramkan dan mengantarkan pada kesembuhan. Rasullullah telah mengajarkan apa yang harus dilakukan ketika merasakan sakit. Saat Utsman bin Al-‘Ash mengadukan pada Rasulullah tentang penyakit yang menimpanya, Nabi Saw berkata, “Letakkan tanganmu pada bagian tubuh yang sakit, lalu ucapkan Basmalah sebanyak tiga kali, dan tujuh kali lafal “A’udzu bi”izzatillaahi wa qudrathii min syarri maa ajidu wa uhaadziru“. Atau dengan membaca “Bismillah, a’udzu billaahi wa qudrathii min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Dengan nama Allah, aku berlindung kepada ALlah dan kekuasaan-Nya dari kejahatan apa saja yang aku temui dan aku khawatirkan).

Doa ketika mengunjungi Orang sakit

Salah satu dari hak seorang muslim atas muslim lainnya adalah dijenguk ketika sakit. Kehadiran teman dan saudara ketika sakit dapat menjadi obat bagi si sakit. Lazimnya, ketika menjenguk atau membesuk orang sakit, kita membawa buah tangan berupa makanan. Hal tersebut tentu baik saja. Namun, alangkah lebih baik bila ketika membesuk kita mendoakan si sakit agar diberi keringanan dalam sakitnya dan kesembuhan.  Berikut ini doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw dalam HR Al-Bukhari ketika menjenguk orang sakit:

Allaahumma rabbannaasi Adzhibil-ba’tsa isyfi wa antasyaafi, laa syifaa’a illaa syifaa’uka, syifaa’an laa yughaadiru saqamaa (Ya Allah Pemelihara manusia, jauhkanlah kesusahan, sembuhkanlah (sakitnya), Engkaulah Penyembuh, Tidak ada kesembuhan kecuali dari-Mu, dengan kesembuhan yang tidak menyisakan derita).

Demikianlah, semoga doa ini menjadi bekal bila kita mendapat ujian sakit, maupun menjadi buah tangan indah ketika kita menjenguk saudara atau teman yang sakit. Semoga bermanfaat.

Pos ini dipublikasikan di Kumpulan pinta dan tag , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Doa Ketika Sakit

  1. akhjoko berkata:

    iya, Bagus skali do’anya, n akan lebih mantep jika Arabnya dituliskan juga gt, 🙂

  2. ika berkata:

    Terima kasih sharing nya

  3. indah syafitriani berkata:

    trimksih ea dg ini sya bsa bljr lbih byak tntng agama,smoga untk rang yg sya syank cpt smbuh.

    amin

Tinggalkan komentar